WISATA KULINER

Setelah mengunjungi objek wisata yang ada di kota Siantar, kami pun hendak berwisata kuliner disana. Ada beberapa makanan khas dari Kota yang terkenal dengan becaknya itu yaitu kota Siantar. Beberapa diantaranya adalah Roti Ganda dan Roti Ketawak. Oke kali ini akan kita mengenai makanan khas dari Siantar.

ROTI GANDA SIEMPUK BANTAL BERISIKAN SELAI MANIS 




Bukan hanya Medan, Pematang Siantar juga punya kuliner enak. Salah satunya Roti Ganda dengan olesan srikaya dan meisjes yang legit. Nyamm!

Pematang Siantar adalah kota kedua terbesar di Sumatera Utara. Kota ini selalu ramai karena dilewati mereka yang ingin berkunjung ke Danau Toba.

Main ke Pematang Siantar, Anda harus mampir ke Jalan Sutomo. Di sini ada toko roti legendaris yang sudah ada sejak tahun 1979. Tiap hari toko bernama Roti Ganda ini selalu dipadati para pembeli.


Yang ditawarkan Roti Ganda sebenarnya sederhana, hanya roti tawar ukuran besar beroles meisjes atau selai srikaya. Meski begitu, ada juga roti ukuran kecil yang bisa dicicip pembeli.

Roti tawar di sini dibuat fresh setiap hari, begitu juga dengan selainya. Untuk meraciknya, roti dibelah dua lalu dioles mentega putih untuk meisjes atau selai srikaya.

Tak ada takaran khusus untuk menabur meisjes di atas roti. Penjual hanya perlu membalurkan banyak meisjes hingga menempel di mentega putihnya. Sementara untuk selai srikaya, juga dioles dalam jumlah banyak.




Nyamm! Potongan roti ganda terasa tebal, empuk dan lembut. Rasa manisnya juga dianggap pas sehingga saat dimakan dalam jumlah banyak tak membuat enek. Pas  deh kalau dinikmati bersama teh atau kopi hangat.

Seempuk Bantal, Ini Roti Ganda Isi Meisjes dan Srikaya dari Pematang Siantar

Roti Ganda ukuran besar kini dibanderol sekitar Rp 18.000. Karena dibuat tanpa pengawet, roti beroles selai ini biasanya tahan tak lebih dari 2 hari.

Selain roti tawar, Roti Ganda juga menjual selai srikaya botolan. Banyak wisatawan menjadikan selai srikaya ini sebagai oleh-oleh khas Pematang Siantar. Selain mudah dibawa, selai juga lebih awet.



ROTI KETAWAK


Jika Anda mampir ke Kota Siantar, Anda pasti telah tak asing mendengar makanan Roti Ganda dan Kopi Koktong. Kedua kuliner itu pun kerap dijadikan sebagai oleh-oleh, untuk dibawa pulang ke rumah, untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat. Namun, Anda yang wajib menyadari bahwa tersedia satu kembali oleh-oleh yang bisa dibawa pulang berasal dari Siantar, yaitu roti ketawa.
Walapun di daerah lain terhitung ada, tapi roti ketawa berasal dari Siantar dikenal terus menerus sejak tahun 1980-an. Pemasarannya pun, layaknya halnya Roti Ganda, dibikin segera di tokonya.

Tentang Roti Ketawa Siantar

Mengapa disebut roti ketawa? Karena roti ini disaat digoreng menjadi mekar yang selanjutnya membelah. Mungkin agar enteng menandainya, roti ini pun disemat dengan nama roti ketawa
Sedikitnya tersedia dua toko roti ketawa di Siantar. Yang pertama tersedia di Jalan Sanganawaluh, pas di depan persimpangan menuju Sambo. Yang lainnya tersedia di Jalan Medan, di dekat Simpang Rambung Merah.
Pemiliknya adalah Heny boru Sembiring (38) usaha ini telah dilakoni Heni sejak 4 tahun terakhir.
Bahan untuk roti ketawa adalah tepung, mentega, gula, telur dan pengembang. “mirip menyebabkan bolu nya kak,”ucap Heny. Bedanya adonan itu dimasak dengan cara digoreng. Roti ketawa Pelangi mempunyai rasa yang khas. Gurih dan tidak buat eneg.
Nah guys selain mencicipi dan membeli kuliner khas dari kota Siantar itu kami juga membeli beberapa makanan khas Tebing Tinggi. Yeayyy!!! mari simak penjelasan berikut ini.

KULINER KHAS KOTA TEBING TINGGI
LEMANG






Lemang menjadi salah satu kuliner kebanggaan kota Tebing Tinggi. Bahkan kota Tebing Tinggi disebut sebagai Kota Lemang. Di Tebingtinggi sendiri penjual lemang dapat di temukan di berbagai tempat di Tebingtinggi. Nah biasanya penduduk lokal yang hendak makan Lemang harus membaluri lemang dengan selai srikaya. Emmmm yummiiii! so Maknyusss..

Pabila kalian ingin membeli lemang di suatu Kedai yang ada di kota Tebing Tinggi kalian akan disajikan beberapa ukuran Lemang. Terdapat ukuran kecil,Sedang,hingga ukuran besar. Untuk lemang yang ukuran kecil dijual seharga Rp.30.000. Lemang tersebut dijual secara terpisah dengan selainya. Harga selai srikaya yang akan dibaluri dengan lemang tersebut dijual seharga Rp.10.000. Lemang juga bisa ditemukan di kota Medan, tetapi Lemang yang satu ini namanya Lemang Batok dan merupakan kuliner turun menurun yang berasal dari kota Tebing Tinggi. Kalau ke Tebing Tinggi jangan lupa beli Lemang ya guys. hihihi....








Comments

Post a Comment