Kebun Teh Sidamanik

DI KEBUN TEH SIDAMANIK, KEBUN TEH YANG ADA DI SUMUT
Kebun Teh ini berada di Perkebunan PTPN IV Bah Butong, Sidamanik dan Tobasari, di Kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun, Pematang Siantar. Di perkebunan teh Bah Butong terdapat air terjun Bah Biak yang masih sejuk dan asri.
Kami berangkat dari Medan menuju siantar sekitar 3 jam perjalanan, singgah di tebing tinggi untuk makan siang sekalian jemput sepupu sebagai penunjuk jalan (sempat nyasar juga), Sesudah sampai di Siantar, mobil berbelok kekanan melalui jalur jalan pintas menuju parapat.
Sesampai di persimpangan tiga pertama menuju Sidamanik kami berbelok kekanan, ternyata jalan yang kami lalui jalan terjauh untuk menuju ke perkebunan Bah Butong, untuk memutar balik sudah tidak mungkin karena sudah terlalu jauh masuk ke dalam perkampungan.
Akhirnya setelah tanya ke penduduk setempat, kami harus melalui jalan pintas di tengah kebun teh dengan jalan tanah merah, berbukit dan pada saat itu baru selesai hujan. Petualangan mendebarkan dimulai, rute jalan ini harus dilalui untuk mempersingkat waktu.
Akhirnya kami tiba di perkebunan teh Bah Butong untuk menuju air terjun Bah Biak, Sidamanik. Sebelum menuju air terjun kami sempatkan untuk berfoto ria di kebun teh, dilokasi ini udaranya terasa segar dan sejuk.
Di jalan masuk ada papan penunjuk jalan ke air terjun Bah Butong (Air Tejun Bah Biak), ada dua alternatif jalan untuk menuju ke air terjun (jalur pertama, lihat medanwisata.com), kami melalui jalur baru hanya 1 km ke air terjun dan untuk menghemat waktu, agar tidak kemalaman di perjalanan pulang balik ke Medan.




Untuk melalui jalur terdekat sesudah jalan masuk ke kebun teh Bah Butong, berbelok kanan di simpang tiga pertama, jalan bertanah (berlumpur kalau hujan) dan berbatu.






Comments

Post a Comment